Tingkatkan fungsi kognitif dengan bermain

Tingkatkan fungsi kognitif dengan bermain

Penelitian telah menemukan bahwa periode bermain dan eksplorasi meningkatkan jumlah BDNF (faktor neurotropik yang diturunkan dari otak), yang mendorong pemeliharaan dan pertumbuhan sel-sel otak. Sementara tes serupa tidak mungkin dilakukan pada manusia, para peneliti menyimpulkan bahwa tes menunjukkan pentingnya bermainĀ  mainan playround untuk perkembangan kognitif dan otak manusia. Sekitar 75% perkembangan otak terjadi antara bayi dan usia 20, dan bermain dapat mendorong perkembangan kognitif yang kuat dengan mempromosikan hubungan antara sel-sel saraf di otak untuk membentuk.

Penindasan dan agresi adalah masalah serius di playground anak, dengan sebanyak satu dari tiga siswa melaporkan ditindas di beberapa titik dalam karir sekolah mereka. Permainan gratis dapat membantu mengurangi kasus-kasus bullying, seperti yang ditemukan beberapa sekolah. Satu sekolah, Sekolah Dasar Swanson, mengalami penurunan bullying, insiden waktu istirahat dan masalah setelah menghilangkan aturan selama jam istirahat. Menurut otoritas sekolah, siswa menjadi lebih terlibat dalam bermain dan kurang bosan, menyebabkan mereka kurang bertingkah. Meskipun permainan bebas telah terbukti mengarah pada lebih sedikit contoh bullying, guru dan wali harus tetap mengawasi anak-anak selama waktu bermain untuk campur tangan dalam kasus-kasus bullying.

Selama masa kanak-kanak, bagian lobus frontal otak berkembang ketika anak-anak mengambil risiko dan melihat konsekuensinya. Dalam permainan yang terstruktur, anak-anak mungkin tidak mengambil banyak risiko, tetapi dalam bermain bebas di tempat bermain, anak-anak harus membuat lebih banyak keputusan dan kemudian menerima konsekuensinya. Jika seorang anak berjuang ketika mencoba peralatan bermain yang terlalu ambisius, mereka dapat belajar dari pengalaman ini dan melihat bagaimana tindakan mereka mengarah pada hasil. Seiring waktu, seorang anak dapat belajar untuk bertanggung jawab setelah mereka melihat hubungan antara tindakan mereka dan hasilnya.

Sementara banyak jenis mainan anak playground dan aktivitas dapat bermanfaat bagi anak-anak, bermain bebas dapat menawarkan sejumlah manfaat nyata dengan memberikan anak-anak lebih banyak kebebasan untuk belajar dan tumbuh. Permainan gratis tidak berarti anak-anak tidak diawasi.

Selama semua aktivitas bermain bebas, orang dewasa harus mengawasi anak-anak dengan seksama dan melangkah sesuai kebutuhan. Namun, anak-anak memulai kegiatan dan diizinkan untuk memilih solusi mereka sendiri untuk masalah sebanyak mungkin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*